Dua Paslon Siap Bersaing Jelang Pemilihan Vote Fikom 2023

Rangkaian Vote Fikom untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua BEM Fikom Unpad tahun 2024 hampir memasuki tahap akhir yaitu pemilihan. (Foto: Fikom Unpad)

Rangkaian Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran atau Vote Fikom 2023 hampir selesai. Dua pasangan calon pemimpin BEM Fikom yakni Ammar Rezqianto-Rifat Syafaat dengan nomor urut 1 dan Gading Tamma Fadillah-Tubagus Mohammad Raihan (Tebe) nomor urut 2 masih menggencarkan kampanye menjelang pemungutan suara.

Sebelumnya, kedua paslon telah melewati tahap uji publik pada Kamis (4/1) secara daring melalui Zoom Meeting. Dalam uji publik tersebut, turut hadir kurang lebih 130 mahasiswa Fikom dan empat panelis yang memberikan komentar serta memicu pertanyaan kepada kedua paslon.

Para panelis tersebut terdiri dari Syifa Fauziah, Kahla Khamisa, Rizky Debtian, dan Nadia Febriani. Masing-masing panelis membawakan satu topik yang berbeda.

Dalam sesi uji publik, masing-masing pasangan calon memaparkan visi misi yang ingin diwujudkan jika terpilih nanti. Mereka juga mengadakan debat terbuka untuk saling mengkritik program kerja lawan dan meyakinkan hadirin. Sesi tanya jawab digelar untuk memberi kesempatan mahasiswa menyuarakan pertanyaan dan aspirasi kepada kedua pasangan calon. Acara ditutup dengan penyampaian closing statement dari masing-masing paslon.

“BEM adalah jembatan bagi mimpi seluruh Kema Fikom. BEM sebagai pelayan harus bisa berdampak. Semoga siapapun yang terpilih (dia) bisa merealisasikan mimpi Kema Fikom,” tutup Ammar dalam closing statement-nya.

Adapun Gading-Tama mengatakan pada closing statement-nya, berangkat dari mimpi Kema Fikom menuju perubahan sistemik yang kami usung. “Kami adalah pembelajar, dan izinkan (kami) menjadi pembelajar, pemberdaya serta bermanfaat bagi Kema Fikom,” pungkas Gading.

Kini, Ammar-Rifat dan Gading-Tebe tengah menggelar sejumlah kegiatan untuk mendekati para mahasiswa Fikom. Aksi kampanye dilakukan melalui media sosial dengan memanfaatkan akun kampanye masing-masing pasangan.

Akun kampanye pasangan Ammar-Rifat terdapat pada Instagram dengan username @rute.impian, sedangkan pasangan Gading-Tebe memiliki akun @harmonimimpi. Kedua pasangan calon berupaya semaksimal mungkin untuk meyakinkan para mahasiswa agar memilih paslon yang mereka usung dalam Vote Fikom tahun ini.

BPM Diganti Tim Ad Hoc

Ada yang sedikit berbeda dari Vote Fikom kali ini, yaitu tidak lagi diselenggarakan oleh Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM). Absennya BPM pada tahun ini akhirnya digantikan oleh Tim ad hoc dalam menyelenggarakan Vote Fikom 2023.

Tim ad Hoc ini dibentuk pada bulan Oktober silam, melalui sebuah forum yang dihadiri oleh perwakilan dari setiap Himpunan Mahasiswa (Hima), perwakilan BEM Fikom, serta kemahasiswaan dari fakultas, Nadia Febriani.

Hasil forum tersebut menghasilkan keputusan bahwa Tim ad hoc akan diisi oleh Ketua dan Wakil Ketua tahun 2023 dari setiap Hima yang ada di Fikom. Meskipun berasal dari background yang berbeda-beda, tim ad hoc ini dinilai cukup baik. Ketua BEM Fikom 2023, Syifa Fauziah mengatakan kinerja tim Ad Hoc cukup baik, seperti merevisi peraturan yang menyesuaikan dengan kondisi saat ini dan penyusunan berkas-berkas lainnya.

Selain itu, salah satu Kema Fikom, Akhmad Aziz yang berasal dari Jurnalistik, menyampaikan harapannya semoga Tim ad hoc bisa menyelenggarakan Vote Fikom tahun ini dengan baik.

“Ya, semoga aja Ad Hoc yang sekarang dapat nge-cover acara Vote Fikom kali ini. Semoga juga bisa melahirkan sosok pemimpin yang kompeten dan menjalankan Vote Fikom yang lebih baik dan seru,” ucap Aziz pada dJatinangor Jumat (8/12/2023).

Hingga saat ini, rangkaian Vote Fikom telah menyelesaikan tahapan uji publik dan masih berada pada masa kampanye. Kehadiran dua paslon di tahun ini menjadi angin segar dari kekosongan calon pada dua tahun belakangan. Karenanya, Kema Fikom diimbau untuk ikut menggunakan hak pilihnya pada pemilihan Vote Fikom pada tanggal 13 hingga 15 Januari mendatang.

Reporter: Yoga Firman
Editor: Ridho Danu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *