Galeri Foto: Aksi September Hitam “Jawa Barat Lautan Suar”

Galeri Foto Aksi September Hitam ‘Jawa Barat Lautan Suar’, Jum’at 29 September 2023. (dJatinangor/Fatihah)

Aliansi BEM dari puluhan kampus di Jawa Barat, khususnya Bandung Raya, menggelar aksi bertajuk “September Hitam: Jawa Barat Lautan Suar”, Jum’at (29/9) siang di Gedung Sate, Kota Bandung. Aksi ini membawa isu yang menuntut penyelesaian dan pengadilan isu-isu HAM, tuntutan atas PJ Gubernur Jawa Barat terkait isu pelayanan publik, Dago Elos, Rempang, dan permasalahan sampah di Kota Bandung.

Aksi “September Hitam” diawali dengan long march dari berbagai titik, salah satunya dari Gedung IKA Unpad menuju Gedung sate. Setelah sampai di depan Gedung sate, beberapa peserta aksi meletakkan alat propaganda seperti spanduk berisi tulisan tuntutan, kendi berisi bakaran kemenyan, taburan bunga, serta payung hitam di depan barisan para aparat. 

1-min
10-min
9-min
8-min
7-min
6-min
5-min
4-min
3-min
2-min
previous arrow
next arrow
1-min
10-min
9-min
8-min
7-min
6-min
5-min
4-min
3-min
2-min
previous arrow
next arrow

Puluhan perwakilan BEM dari masing-masing universitas yang hadir berorasi secara bergiliran di depan Gedung Sate diikuti dengan aksi bakar ban. Tak hanya orasi, nyanyian serempak dari aliansi lintas kampus tersebut dan penampilan teatrikal juga mewarnai aksi.

Sampai hari gelap, PJ Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin tak kunjung menemui massa aksi dan tak menggubris aksi yang dimobilisasi oleh mahasiswa tersebut. Sebagai bentuk protes, tensi aksi sempat memanas meski akhirnya massa memutuskan membubarkan diri. Namun, perwakilan massa aksi menegaskan akan menyusun aksi susulan untuk menemui Bey Machmudin.

Foto: Fatihah Nuritsani
Naskah: Fatihah Nuritsani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *