Prodi TVF Fikom Unpad Menggelar Festival Film untuk Pertama Kalinya

Jatinangor– Program Studi Televisi dan Film Universitas Padjadjaran (TVF Unpad) menggelar festival film atau Movie Event Padjadjaran (Montaj) pada Sabtu, (25/06/2022). Festival ini diadakan di Auditorium Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad.

Festival film ini baru pertama kalinya diadakan oleh prodi TVF. Festival ini juga sebagai bagian dari pendalaman mata kuliah produksi film sekaligus sebagai wadah untuk mengapresiasi mahasiswa dari prodi lain di Fikom Unpad yang turut ambil bagian sebagai aktris atau aktor yang memerankan setiap adegan dalam film.

 “Saya selaku kaprodi TVF Unpad bangga dengan diadakannya Movie Event Padjadjaran atau yang dikenal sebagai Montaj, karena festival film ini adalah festival film pertama yang diadakan oleh Prodi TVF sejak berdirinya prodi ini, semoga pada waktu yang akan datang festival ini akan terus diadakan sebagai bagian dari apresiasi karya mahasiswa” ujar Dr. Sri Septi Indriani, S.IP.,M.Si selaku Kaprodi TVF Unpad.

Selain kaprodi TVF turut hadir Lilis Puspitasari S.Sos, M.Ikom selaku dosen mata kuliah produksi film, Dandi Supriadi, S.Sos.,MS (SUT) selaku perwakilan dari rektorat Universitas Padjadjaran dan para tamu undangan lainnya.

“Terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa semuanya, tentu saja ini adalah hasil kerja keras dari para mahasiswa, apresiasi sebesar-besarnya diberikan oleh mahasiswa TVF angkatan 2019 yang menyukseskan acara ini dengan film-film yang sangat menarik” ujar Dandi.

Selain dari itu Dandi pun berharap agar mahasiswa TVF angkatan 2020 dan seterusnya dapat menerukan festival film ini menjadi sebuah ajang bergengsi yang ada di Universitas Padjadjaran.

“Semoga festival ini tidak berhenti sampai disini saja, melainkan terus dilanjutkan oleh mahasiswa-mahasiswi TVF lainnya mulai dari tahun 2020, 2021 dan seterusnya serta menjadi pelopor perfilman untuk Universitas Padjadjaran, sehingga film-film ini bukan hanya milik TVF tetapi juga miliknya Unpad” tambah Dandi.

Film-film yang dibuat adalah hasil karya mahasiswa dengan mengangkat berbagai latar belakang atau isu yang kerap hadir di masyarakat.

Seperti yang diketahui festival film ini juga mendapat perhatian khusus dari ketua Badan Perfilman Indonesia, Gunawan Pagaru.

Adapun dua belas penghargaan atau nominasi yang dibacakan yakni, nominasi penulis naskah terbaik, editing film terbaik, penyutradaraan terbaik, tata artistik terbaik, sinematografi terbaik, penataan suara terbaik, pemeran utama laki-laki terbaik, pemeran utama perempuan terbaik, trailer terbaik, poster terbaik, film terfavorit, dan film terbaik.

Masing-masing pemenang nominasi diberikan plakat penghargaan sebagai bentuk apresiasi karya yang telah dibuat ***Maria Ningsih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *