Pramuka: Kami Manusia Pancasila

0
Pramuka: Kami Manusia Pancasila

14 Agustus 1961 adalah peristiwa bersejarah bagi Pramuka Indonesia. Pelantikan Majlis Pimpinan Nasional (Mapinas), Kwartir Nasional (Kwarnas) dan Kwarnari dilakukan di Istana Negara saat itu oleh Presiden Soekarno. Penganugerahan panji-panji kepramukaan dan delfie pramuka diadakan, untuk memperkenalkan pramuka kepada masyarakat Indonesia. Sehingga hari itu resmi dijadikan sebagai Hari Pramuka Indonesia.

Tahun ini, Kwarnas resmi merilis tema “Bekerja untuk Kaum Muda, Mewariskan yang Terbaik Bagi Bangsa” sebagai tema Hari Pramuka ke-56. Kegiatan pramuka adalah kegiatan yang biasa bahkan wajib diikuti pelajar Indonesia. Pramuka mengajarkan banyak hal dan nilai-nilai yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan.

Menurut Taufik, Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Unpad, ia memaknai tema ini untuk menjawab masalah yang ada saat ini, dimana sumbangsih kaum muda bagi bangsa masih sangat minim. Sedang pramuka adalah kegiatan yang dapat membentuk karakter pemuda. “Karakter seperti apa, yaitu karakter yang sesuai dengan Trisatya dan Dasadarma, itu pegangan tiap pramuka di Indonesia,” ujar Taufik.

Taufik, Ketua UKM Pramuka Unpad menjabarkan nilai dan kegiatan yang ada di Pramuka Unpad, Minggu (13/8) di UKM Timur Unpad. Pramuka baginya adalah wadah relevan untuk mengajak pemuda bisa aktif memberikan sumbangsih bagi bangsa. Foto: Novita Caesaria/dJatinangor

Saat ditemui di UKM Timur Unpad Taufik mengatakan, “Hal ini tentunya akan relevan dengan isu-isu yang ada di Indonesia, seperti intoleran, krisis nilai kebangsaan dan Pancasila. Pramuka dinilai dapat menjadi wadah yang relevan untuk menuntaskan krisis dari isu-isu tersebut. Dalam himne pramuka pun disebutkan, bahwa kami manusia pancasila, sehingga dapat dikatakan jika pramuka adalah salah satu garda terdepan untuk menanamkan nilai-nilai pancasila dan menyelesaikan krisis-krisis tersebut. Pancasila tidak hanya untuk dihafal butirnya, tapi untuk diamaknai dan diamalkan.

Pramuka Unpad sendiri sedang berusaha untuk dapat merealisasikan tema Hari Pramuka tahun ini, dimulai dari penanaman kesadaran diri sendiri. Selain itu juga pramuka Unpad terus berpegang pada Tribina Pramuka Perguruan Tinggi, yaitu bina diri, bina satuan dan bina masyarakat. Tribina tersebut dioptimalkan dengan mengadakan pelatihan-pelatihan, pembinaan satuan pramuka di Jatinangor, hingga mengadakan bina desa.

Aktif mengikuti berbagai pelatihan juga menjadi kegiatan Pramuka Unpad untuk senantiasa dapat mencapai tujuan pramuka dan merealisasikan tema pramuka tahun ini. Harapannya, pramuka dan pemerintah dapat bersinergi membentuk karakter pemuda yang dapat mengatasi krisis pancasila, kebangsaan, dan berbagai masalah di Indonesia.

(Tamimah Ashilah)

Editor: Reza Pahlevi

LEAVE A REPLY